Crash Bandicoot Series (Storyline & Gameplay)

Seri game Crash Bandicoot terdiri dari beberapa pembagian seperti Main series, Racing, Handheld, Party, dan Mobile. Masing-masingnya terbagi lagi ke beberapa game. Agar lebih terfokus, saya akan membahas tentang game Crash Bandicoot versi platform, dirilis untuk PlayStation 1.

Photobucket

Crash Bandicoot(game) secara umum menerima review-review yang positif dari para kritikus game, yang memuji grafis dan visual yang modern pada eranya. Game ini juga menjadi salah satu penjualan terbaik game PlayStation sepanjang masa dan secara bertahap ikut menjadi game series dengan penjualan tertinggi.

Photobucket

Tokoh utama game ini adalah Crash Bandicoot sendiri, seekor marsupial mutasi yang cerdas yang ingin menyelamatkan kekasihnya, Tawna, yang ditawan oleh sang antagonis, Doctor Neo Cortex. Rencananya Tawna, yang seekor Bandicoot juga, akan dijadikan objek eksperimen oleh Neo Cortex. Crash sendiri akan ditemani oleh spirit penjaga pulau, Aku-aku, makhluk berbentuk topeng 'native' yang akan memberinya kekuatan dan bantuan untuk bertualang menyelamatkan Tawna.

Meski dengan cerita yang cukup klise, tapi dengan gameplay dan grafis yang dihadirkan membuat game ini tetap menarik untuk dimainkan. Dan tentu saja akan ada 'twist' pada cerita yang membuat petualangan Crash menjadi lebih menarik.

Untuk gameplay, karena saya tidak menemukan link yang menceritakan kembali gameplay game ini (pada bagian story saya mencomot dari Wikipedia) maka saya akan menuliskan apa yang saya ingat tentang gameplay-nya.

Photobucket

Crash akan kita mainkan dengan sudut pandang third-person, berjalan pada satu jalur yang tiap levelnya menyediakan banyak peti (yang bisa dihancurkan) berisi energi, tambahan nyawa, atau armor. Seperti game-game platform pada umumnya, Crash bisa melakukan beberapa tipe lompatan untuk mencapai tempat-tempat tertentu. Melakukan gerakan berputar seperti Tazmanian Devil untuk menyerang musuh, juga tipe-tipe serangan lain. Pada setiap level Crash akan bertemu dengan mini-boss, yang seluruhnya merupakan antek-antek Neo Cortex, dengan gaya bertarung survival.

Meski terdengar cukup klise, tapi tentu saja tetap ada hal-hal berbeda pada gameplay game ini. Apalagi untuk masa kemunculannya, Crash Bandicoot merupakan salah satu yang terbaik dan menginspirasi game-game platform sejenis. Seperti kutipan dari IGN, "Ini adalah game paltform standar". Tetapi menyebutkan juga, "secara mengejutkan, ini game yang 'dalam'" 'kedalaman' pada penggunaan lahan dan lingkungan pada game ini, adalah pengecualian untuk formula game platform.

Photobucket

Bagaimanapun juga, selain mendapat banyak review bagus untuk grafis, tentunya banyak prestasi sebagai game terbaik dan penjualan terbaik di masa PlayStation yang berhasil diperoleh Crash Bandicoot(game), seperti yang telah saya tulis di bagian awal tulisan ini.

You can leave a response.

Leave a Reply