Hubungan antara Programmer, Composer, Designer, dan Artist pada Game

Setelah membahas tentang masing-masing bidang di game develeopment pada dua artikel sebelumnya, maka pada artikel ini dikhususkan untuk membahas tentang keterkaitan masing-masing. Dan artikel ini pun saya tulis, berdasarkan pengalaman saya selama bermain dan mengamati game.

Dalam membuat suatu game yang bagus di era sekarang, akan sangat sulit apabila tidak ada kerjasama di antara keempat bagian tersebut. Menurut Wikipedia, pada era 1970 hingga pertengahan 1980an, game programmer biasanya masih merangkap pekerjaan sekaligus menjadi designer dan artist. Tapi mengingat semakin pesat perkembangan game dan ketatnya industri game, hal tersebut sudah langka. Justru pembagi-bagian job dalam pengembangan menjadi hal yang mutlak diperlukan.

Secara sederhana, programmer saja misalnya. Dengan memfokuskan pekerjaannya kepada menyusun kode, atau tools pada suatu game, dia tidak perlu lagi bersusah-susah untuk mengurusi bagian desain atau art. Hubungannya dengan designer, composer, dan artist, tentu saja dalam merealisasikan rancangan dari designer dan artist. Juga menyelaraskan music score dan konsep game berikut gamplay secara keseluruhan.

Designer, tentu pada awalnya merancang dan menyusun bagaimana suatu game akan terbentuk. Tapi mungkin akan ada hal-hal yang tidak bisa direalisasikan dan membutuhkan kerjasama yang baik dengan programmer, atau artist yang mendesain. Dengan composer juga kurang lebih begitu, desainer tentu membutuhkan backsound yang seperti-ini atau seperti-itu pada setiap scene yang ia buat.

Artist, tentu sedari awal telah bekerjasama dengan designer tentang penampilan game. Bentuk lingkungan, karakter, dll yang cocok untuk tema dan gameplay. Atau menunjukkan kepada programmer, apa hal yang dibutuhkan suatu game. Dan tentu saja berhubungan dengan composer dalam menciptakan sound effect, suara karakter, bunyi benda-benda, dan sebagainya.

Composer, selain memiliki tanggung jawab tersendiri, tentu berhubungan dengan ketiga bagian diatas. Selain mengekspresikan game menurut dirinya, composer tentu mengkreasikan musik sesuai dengan keinginan program, designer, dan artist.

Demikian hal yang bisa saya jelaskan tentang hubungan empat bagian utama dalam pengembangan sebuah game.

You can leave a response.

Leave a Reply