Mengganti Background dan Themes Ubuntu

Untuk langkah awal, kita akan memulainya dengan mengganti background pada Ubuntu. Silakan Anda klik kanan pada tampilan dekstop, kemudian, pilih pilihan “Change Desktop Background”. Setelah itu, akan keluar window yang dinamakan “Appearance Preferences” (gambar 1). Pada window ini, terdapat 5 tab, yaitu:
* Theme : digunakan untuk mengkonfigurasi theme pengguna secara menyeluruh.
* Background : digunakan untuk mengganti wallpaper pada desktop dan men-setting nya.
* Font : digunakan untuk mengganti bentuk-bentuk huruf pada tampilan desktop Ubuntu.
* Interface : digunakan untuk menentukan pola tampilan folder yang diinginkan.
* Visual Effects : Digunakan untuk menentukan konfigurasi effect pada dekstop Ubuntu. Pilihan None berarti lebih mengutamakan performance dibandingkan display, pilihan Normal berarti mem-balance antara display dengan performance, dan pilihan Extra untuk lebih mengutamakan tampilan. (Bila memilih extra, maka pengguna dapat menikmati tampilan window yang dapat berliku-liku ketika digerakan. Namun effect ini hanya akan berjalan dengan baik apabila pengguna memakai graphic card yang cukup baik pula. TETAPI, dalam memaksimalkan tampilan Ubuntu yang akan penulis berikan, effect di sini sama sekali tidak akan terpakai. Jadi, biarkan saja, jangan diutak-atik.

Nah, sampai saat ini, tentu Anda sudah mengetahui cara mengganti wallpaper pada desktop Anda. (Penulis tidak akan membaha lebih lanjut dalam mengganti wallpaper ini). Mari kita lanjutkan langsung dengan memilih tab “Theme”. Setelah di-klik, maka akan keluar tampilan seperti pada gambar 2. Pada bagian ini, Anda dapat memilih terlebih dahulu theme mana yang ingin diubah nantinya. Jadi, Anda harus menentukan dasat theme desktop Anda terlebih dahulu. Setelah itu, klik “Customize”. (pilihan install digunakan untuk meng-install langsung suatu paket yang berisikian theme untuk Ubuntu). Setelah itu, akan keluar window baru yang dinamakan “Customize Theme” (gambar 3).

Window Customize Theme memiliki 5 tab, yaitu:
* Control : digunakan untuk mengganti tampilan control pada desktop pengguna.
* Color : digunakan untuk mengatur warna baik warna pada input box maupun pada teks. Pengaturannya pun dilakukan dengan spesifik sehingga terbagi menjadi 4.
* Window Border : digunakan untuk menganti tampilan bar pada window Anda.
* Icons : digunakan untuk mengganti jenis-jenis icon secara menyeluruh (dalam arti kata, Anda tidak perlu menggantinya satu per satu).
* Pointer : digunakan untuk mengganti tampilan pointer (cursor mouse).
Nah, dengan ini, Anda dapat mengutak-atik terlebih dahulu theme yang sesuai dengan yang Anda inginkan.

You can leave a response.

Leave a Reply